Thursday, April 19, 2018

Ramalan Abdul Hari Ini memberikan tips yaitu Pedang Raja Wengker 20 April 2018

Thursday, April 19, 2018 - by asdasd 0




Ramalan Abdul - Ratusan Pusaka yang dikelola dua komunitas peguyuban penggemar pusaka atau wesi aji ponorogo yakni peguyuban Aji Wengker dan penguyupan Tunggal Nogo dipamerkan untuk umum di ruang Bappeda Pemkab ponorogo senin (12/11/2001)

Sebanyak 300 pisala daro berbagai jenis keris dan pusaka lain yang merupakan tombak dan pedang yang di panjangkan di kaca tertutup di lantai || gedung Bappeda ini merupakan pusaka kuno di era kerajaan mulai dari kerajaan Jenhholo kahuripan Mojopahit pejajaran dan era Kerajaan Wengker (Ponorogo), Agenda pameran pusaka ini merupakan salah satu rangakian agenda acara Grebeg suruo Tahun 2001.



ada beberapa yang penggemar pedang pusakan, Saeto (55) mengakui ingin melihat pusaka-pusaka yang di panjangkan di lantai || Bapeda karena merasa sangat tertarik dengan hasil kesenian kuno Alasanya, hingga jaman sekarang ternyata ponorogo masih memiliki koleksi berbagai pusaka yang berusia tua dan sangat baik 

"Sudah sekian lama saya ingin melihat pedang tersebut dengan karena itu saya sangat ingin saya melihatnya " terangnya kepada Surya, Senin (12/11/2001).


Banyaknya jumlah pusaka yang dipamerkan lebih kecil di bandingkan pemeran Tahun 2009 lalu yang mampu memanerkan 700 pusaka, Namun dia yakin saat pendopo pemkab ponorogo selesai di bangun nantik mampu memamerkan sekitar 2000 pusaka.


"Semua pusaka ini koleksi jaman kerjaan Jenggolo, Kahuripan, Majapahit, Mataraman dan era Kerajaan Wengker," terang Didik sambil menunjukan sebilah keris asli Kerajaan Wengker.

Sedangkan, Budi Santoso (45) anggota paguyuban penggemar pusaka Tunggul Nogo menjelaskan selain memamerkan keris, pameran juga memamerkan pedang Raja Wengker, yakni berupa pedang yang kedua sisinya berelif tulisan Arab.


"Saya sendiri tidak tahu apa sebutannya, namun kata pemiliknya pedang Raja Wengker. Besinya merupakan besi tua dan diperkirakan pedang di jaman wali atau mungkin pedang ini dulunya dari kerajaan Arab kuno. Jika dipandang lama mengeluarkan aura yang luar biasa," tegasnya.

Sementara tobron Torejo sesepuh worok ponorogo yang juga penggemar wesi aji (pusaka) menegaskan untuk keris asli penorogo yang di tunjukkan tersebut memang benar milik kerajaan wengker, Namun untuk itu siapa empuunya tidak jelas Alasannya Kerajaan wengker merupakan kerajaan kecil juga di bandingkan meteram Mojopohit dan kerajaan lainnya 



"Keris ini asli milik kerajaan Wengker, untuk masalah data lainnya bisa diklasifikasi sebagai keris jenis Nilam Upik, Nilam Sari serta Singo Barong. Di Ponorogo empunya hanya Kyai Kasan yang di era jaman Diponegoro (1825-1830) silam," tandasnya


About the Author

Write admin description here..

0 comments:

© 2013 RAMALAN ABDUL. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9