Wednesday, April 18, 2018

Ramalan Abdul akan menceritakan kisah Asal Usul Wayang 19 April 2018

Wednesday, April 18, 2018 - by asdasd 0



Ramalan Abdul akan menceritakan kisah Asal Usul Wayang Mari kita mulai..

Dalam sejara yang ada asal usul Wayang di anggap telah hadir semenjak 1560 tahun sebelum Masehi wayang lahir para cendikia nenek moyang suku Jawa di masa silan pada masa itu wayang di perkirakan hanya terbuat dari rerumputan dikit sehingga bentuknya masih sangat sederhana wayang di mainkan dalam ritual pemujaan roh nenek moyang dan dalam upacara-upacara adat jawa.

Pada periode selanjutnya, penggunaan bahan-bahan lain seperti kulit binatang buruan atau kulit kayu mulai dikenal dalam pembuatan wayang. Adapun wayang kulit tertua yang pernah ditemukan diperkirakan berasal dari abad ke 2 Masehi.



Perkembangan wayang terus terjadi cerita yang dimainkan pula kian berkembang adapun masuknya angaka Hindu di indonesia pun telah menambah khasanah kisah-kisah yang dimainkan dalan pertunjukkan wayang kisah mmahabrata dan rammayana merupakan 2 contoh kisah yang menjadi favorit pada zaman hindu budah di masa itu kedua epik dinilai lebih menarik dan memiliki kesimanbungan cerita yang unik sehingga pada abad ke xhingga XV mesehi kedua kisah inilah justru yang menjadi cerita utama dalam setiap pentunjukkan wayang.

kesukaan masyarakat jawa pada seni petunjukkan wayang pada masa tersebut juga berpenngaruh terhadap proses penyebaran agama islam di tanah Jawah Sunan Kalijaga misalnya ketika beliau berdakwahbeliau akan menggelar pertunjukan wayang dan memainkan untuk mengundang banyak agar masyarakat yang mayoritas masik memeluk Hindu dan Buddha itu terbarik untuk mengetahui islam lebih dalam. 



Dari perkembangannya, pertunjukan wayang juga mulai diiringi dengan segala perlengkapan alat musik tradisional gamelan dan para sinden. Kedua pelengkap ini dihadirkan Sunan Kalijaga untuk menambah semarak pertunjukan wayang sehingga lebih menarik untuk di tonton.

Kini wayang yang suddah di kenal beberapa jenis wayang juga loh sudah dikembangkan untuk memperkaya khasana dunia perwayangan beberapa contoh wayang tersebut misalnya wayang Golek, Wayang orang , Wayang kulit, Wayang kayu, Wayang Rumput dan Wayang Motekar.

Dengan karena itu sejarah asal Usul Wayang dan perkembangan sampai saat ini cukup Panjang bukan perjalanan Wayang dalam menemani kehidupan budaya masyarakat Nenek moyang kita .? oleh karena itu mari mulai sekarang kita lestarikan warisan ini agar tetap sempai anak cucu kita semoga bermandaat

About the Author

Write admin description here..

0 comments:

© 2013 RAMALAN ABDUL. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9