Thursday, April 19, 2018

Ramalan Abdul - Kesenian dan Kebudayaan Tradisional

Thursday, April 19, 2018 - by asdasd 1



Ramalan Abdul - Jawa Timur Memiliki Sejumlah kesenian khas ludruk merupakan salah satu kesenian jawa timuran yang cukup terkenal yakni seni pengung yang umumnya seluruh permainan adalah Laki-Laki.

Dalam ketoprak yang menceritakan kehidupan istana ludruk menceritakan kehidupan sehari-hari rakyat jelata yang seringkali dibumbul dengan humor dan kritik sosial dan umumnya di buka denganTari Remo dan parikan.

Malaysia merupakan kesenian khas ponorongoyang telah dipatenkan sejak tahun 2000 reogkini juga menjadi icon kesenian Jawa Timur. pementasan reog disertai dengan jaran kepang (kuda lumping) yang disertai unsur-unsur gaib.

Seni Wayang Terkenal

Seni yang sangat terkenal di Jawa Timur lainnya antara lain yaitu,  Wayang Kulit Purwa Gaya Jawa Timuran, openg dalang di Madura, dan besutan. Di daerah Mataraman, kesenian Jawa Tengahan seperti ketoprak, dan wayang kulit cukup populer. Legenda terkenal dari Jawa Timur antara lain Damarwulan, Angling Darma, dan Sarip Tambak-Oso.

Seni Tari Tradisonal

Seni tari yang sudah tradisonal di Jawa Timur Secara umum dapat dikelompokkan dalam gaya Jawa Tengahan Gaya Jawa Timuran, tarian Jawa Gaya Osing, dan trian gaya Madura, Seni tari klasik antara lain tari gombyong, tari srimpi, tari bondan, dan kelana.

Terdapat beberapa budayaan semacam barong sai di Jawa Timur KEsenian itu ada di dua kebupaten yaitu Bondowoso, dan Jember. Singo Wulung adalah kebudayaan khas Bondowoso. Sedangkan Jember Memiliki Macan Kadhuk kedua kesenian itu sudah jarang di temukan 

Kebudayaan Masyarakat Jawa Timur

Dalam Kebudayaan dan adat istiadat suku Jawa di Jawa Timur bagian barat menerima banyak pengaruh dari Jawa Tengahan sehingga kawasan ini di kenal sebagai mataraman menjukkan bahwa kawasan tersebut dulunya merupakan daerah kekuasaan dan kesultanan mataram.

Daerah ini merupakan eks Keresidenan Madium  (Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan), eks-Karesidenan Kediri (Kediri, Tulungagung, Blitar, Trenggalek, Nganjuk), dan sebagian Bojonegoro. Seperti halnya di Jawa Tengah, wayang kulit, dan ketoprak cukup populer di kawasan ini.

Dikawasan Eks- karesidenan Surabaya (termasuk Sidoarjo, Mojokerto dan Jombang),
dan eks-karesidenan Malang, 

About the Author

Write admin description here..

1 comment:

© 2013 RAMALAN ABDUL. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9